• Gaya Hidup

Diomelin Sering Ngaret atau Telat? Ikuti Cara Cerdas Ini Untuk Mengubahnya

Rusman | Minggu, 27/09/2020 20:10 WIB
Diomelin Sering Ngaret atau Telat? Ikuti Cara Cerdas Ini Untuk Mengubahnya Ilustrasi karyawan datang terlambat (foto: baltyra)

Beritakaltara.com – Kebiasaan ngaret atau datang terlambat merupakan satu kebiasaan buruk yang harus segera dihilangkan. Jika bos datang lebih awal di kantor tentu akan menganggap Anda tidak profesional. Apalagi bila ini sering terjadi dan tanpa alasan yang jelas.

Bila tidak segera diatasi kebiasaan telat ini, maka karier Anda dapat terhambat. Hargai waktu Anda karena berbagai kesempatan bisa saja hilang bila Anda sering ngaret atau datang terlambat. Promosi jabatan yang Anda impikan akan hilang dan diganti oleh rekan kerja lainnya.

Berikut beberapa cara cerdas yang dapat Anda lakukan untuk mengubah kebiasaan ngaret tersebut.

Buat jadwal semua kegiatan dengan detail

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencatat jadwal kegiatan yang akan Anda jalani. Anda bisa mengatur jadwal di agenda kerja atau smartphone Anda dan membunyikan alarm jika diperlukan. Dengan demikian, akan memudahkan Anda mengatur waktu agar tidak berbenturan atau waktu yang terlalu dekat dengan kegiatan lainnya.

Disiplin

Jika Anda ingin professional dalam bekerja maka biasakan selalu disiplin. Jangan pernah anggap remeh waktu dan menunda pekerjaan. Tunjukkan Anda adalah seorang yang dapat diandalkan dalam perusahaan.

Setelah pembuatan jadwal kegiatan tersusun dengan rapi dan rinci, Anda harus disiplin menjalankan rencana yang sudah tertulis dalam jadwal yang Anda buat sebelumnya.

Persiapkan barang yang akan dibawa esok hari

Agar tidak telat keesokan harinya maka persiapkan barang-barang yang akan Anda bawa seperti kunci mobil ataupun dokumen kerja. Taruhlah barang tersebut di tempat yang mudah diingat dan mudah dijangkau.

Terkadang Anda bingung dengan pakaian, Ada baiknya Anda pun menyiapkan pakaian dan tas serta sepatu yang akan dikenakan esok hari agar Anda tidak tergesa-gesa untuk datang ke kantor. Jangan lupa untuk selalu bangun pagi dan cek kembali semua persiapan Anda sebelum berangkat.

Majukan Waktu Jam dan Gunakan Alarm

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi kebiasaan ngaret adalah dengan memajukan jarum jam beberapa menit dari waktu normal. Anda juga dapat memasang alarm untuk membangunkan di pagi hari.

Hargai diri sendiri dan orang lain

Dengan Anda berdisiplin akan waktu maka tanpa Anda sadari telah menghargai diri sendiri dan juga orang lain. Karena itu, jangan patah semangat dan terus melatih diri untuk tidak terlambat dan selalu datang tepat waktu.

FOLLOW US